Peduli Kesehatan Masyarakat, Rumkit Bhayangkara Beri Layanan Kesehatan Gratis Bagi Warga Bantaran Sungai

oleh
oleh

Palangka Raya – Sebagai makhluk hidup, kita membutuhkan layanan kesehatan untuk bisa pulih ketika terjangkit penyakit atau terluka, maupun untuk menjaga kondisi kesehatan. Ketika berbicara soal kesehatan, masih banyak sebagian masyarakat yang enggan untuk peduli akan kondisi kesehatan dirinya sendiri.

Peduli akan hal tersebut, Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Polda Kalteng melaksanakan Pelayanan Kesehatan Keliling (Yankesling) atau pemberian bantuan layanan kesehatan secara gratis bagi warga terpencil di Pemukiman Kawasan Bantaran Sungai Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangka Raya.

Pada kegiatan kali ini, Tim diketuai oleh Kepala Urusan Pelayanan Keperawatan (Kauryanwat) Rumkit Bhayangkara Penda Tk I Sri Rahayu beserta 12 anggota tenaga kesehatan yang terdiri dari Dokter, Perawat, Apoteker, Analis Kesehatan, Ahli Gizi dan Mahasiswa Praktik D III Gizi Poltekkes Kemenkes Kota Palangka Raya.

Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat berupa pemeriksaan vital sign, pengecekan tinggi dan berat badan, konsultasi dokter, pemeriksaan gizi, cek darah seperti kolestrol, gula, asam urat dan pemberian obata-obatan serta vitamin.

Kepala Urusan Pelayanan Keperawatan (Kauryanwat) Rumkit Bhayangkara Penta Tk I Sri Rahayu mewakili Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto menerangkan bahwa kegiatan ini disambut antusiasme warga dan kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

“Pada layanan ini, Kami juga berfokus kepada pencegahan stunting melalui penyuluhan dan edukasi tentang Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh serta Sinitasi yang disampaikan langsung oleh Ahli Gizi”, tuturnya.

Sementara itu, warga sangat antusias dalam mengikuti pelaksanaan pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan Rumkit Bhayangkara Palangka Raya tersebut.

“Dari 56 warga yang berobat, 21 di antaranya menderita sakit Ispa. Semoga dengan adanya layanan kesehatan ini, warga masyarakat terbantu dan lekas sembuh dari sakitnya”, tutup Yayu. (Har/sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *